Selasa, 02 Februari 2010

LATIHAN KADER III (ADVANCE TRAINING) TINGKAT NASIONAL

BADKO HMI ABOTABEKA-BANTEN

DASAR PEMIKIRAN

"Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar." (Q.S. An-Nisa' ayat 9).

Salah satu karakteristik yang perlu diperhatikan adalah wawasan calon pemimpin yang bersifat futuristik (masa depan) sehingga kebijakan-kebijakan yang dilakukannya dapat dirasakan oleh generasi selanjutnya. Pentingnya memperhatikan wawasan futuristik ini ialah agar generasi berikutnya tidak menanggung beban dari ulah pendahulunya seperti yang kita rasakan sekarang (khususnya dalam hal hutang). Dengan demikian, kehidupan anak bangsa ini akan terus melaju sehingga kehidupan generasi yang akan datang jauh lebih baik bila dibanding dengan kehidupan generasi sekarang.

Kuat dugaan bahwa terpuruknya kehidupan masyarakat sekarang ini karena pemimpin yang pernah ada tidak berwawasan futuristik. Sumber daya alam yang ada dikuras habis hanya untuk kepentingan sesaat dan hampir tidak menyisakan secuil pun untuk modal kehidupan generasi berikutnya. Pembalakan hutan dan pengurasan hasil bumi dan lain-lain adalah contoh yang patut diketengahkan dalam hal ini. Ayat di atas menunjukkan betapa pentingnya wawasan futuristik agar kemakmuran hidup mudah dicapai oleh generasi berikutnya karena modal untuk mendapatkannya sudah disiapkan oleh generasi sebelumnya. Sebaliknya, mengabaikan wawasan futuristik berarti menghancurkan kehidupan generasi yang akan datang akibat beratnya beban yang mereka pikul

Wawasan yang bersifat futuristik termasuk salah satu karakteristik yang melekat pada kepemimpinan Nabi Muhammad sehingga pola kepemimpinannya selalu menjadi dambaan umat. Kesuksesan khalifah-khalifah sesudahnya tidak lepas dari peran Nabi Muhammad yang sudah berhasil meletakkan konsep-konsep kepemimpinan sehingga tugas-tugas mereka lebih terorientasi kepada membina daripada memulai. Implikasi dari wawasan futuristik Nabi Muhammad ini membuat kebijakan-kebijakan yang diterapkannya selalu relevan dengan kondisi kekinian dan kedisinian kita. Wawasan Nabi Muhammad dalam bidang sosial, ekonomi, hukum dan lain-lain dapat dijadikan sebagai bukti betapa kepemimpinannya selalu berorientasi ke masa depan.


Melalui wawasan futuristik ini maka manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh generasi yang ada pada masanya akan tetapi terus melegenda hingga generasi berikutnya. Oleh karena itu, wawasan futuristik ini merupakan salah satu komponen yang seharusnya menjadi karakteristik bagi seorang pemimpin. Agaknya tidak terlalu berlebihan jika karakteristik ini layak dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih calon-calon pemimpin yang tampil. Urgensi memperhatikan karakteristik ini disebabkan besarnya dampak yang dirasakan oleh generasi-generasi berikutnya, karena apa yang dilakukan pada masa sekarang akan berpengaruh bagi kehidupan sesudahnya. Oleh karena itu, pemimpin yang baik tidak hanya sebatas pandai memakmurkan generasi yang ada pada masanya akan tetapi yang lebih penting lagi ialah memiliki kemampuan untuk meletakkan asas-asas kemakmuran bagi generasi berikutnya.


Carut-marutnya kondisi kehidupan masyarakat kita disebabkan nihilnya wawasan futuristik dari sebagian pemimpin. Hal ini disebabkan kurangnya kemampuan untuk mengurusi kondisi yang ada sekarang karena sibuk mengurusi kepentingan pribadi dan golongan. Dampak yang paling mudah dirasakan adalah hilangnya harapan kita untuk meletakkan sendi-sendi kehidupan yang layak untuk generasi berikutnya. Kebijakan-kebijakan yang ada, selalu berorientasi kepada kepentingan sesaat dan sama sekali tidak pernah bertahan untuk kurun waktu berikutnya

Disintegrasi bangsa, bukan hal yang mustahil terjadi karena konsep bangsa dan kebangsaan Indonesia yang semakin jauh dari harapan bersama. Ernest Renan, dalam pidatonya pada tahun 1882, mengatakan bahwa “bangsa itu adalah soal perasaan, soal kehendak semata-mata untuk hidup bersama yang timbul antara segolongan besar manusia yang nasibnya sama dalam masa-masa yang lampau, terutama dalam penderitaan-penderitaan bersama”. Pernyataaan Renan tersebut sangat memungkinkan sebuah bangsa yang besar menimbulkan rasa nasionalisme kesukuan, ataupun kedaerahan. Seorang pemimpin visioner adalah pemersatu rasa kebangsaan, mampu mensinergikan pengetahuan kesejarahan, dan perkembangan kekinian untuk mengomukasikan visi yang futuristik dalam kerangka Negara Kesatuan. Otonomi daerah adalah letak bom waktu disintegrasi itu jika pemimpin kita mengabaikan “soal perasaan” bangsa dengan kebijakan-kebijakan yang dangkal.

Gerbong globalisasi telah berjalan, pemimpin visioner harus bisa menempatkan Indonesia pada posisi yang layak sebagai bangsa yang besar di masa depan. Sehingga tidak menimbulkan konsekuensi kebijakan tambal sulam dengan berorientasi jangka pendek hanya pada masa kepemimpinannya saja.

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu membuat kebijakan-kebijakan yang manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh generasi tertentu akan tetapi juga generasi mendatang. Wawasan futuristik merupakan syarat mutlak bagi seorang pemimpin guna melanggengkan kehidupan bangsa dan negara ini. Untuk menjaring tipe pemimpin yang berwawasan futuristik ini diperlukan penilaian yang objektif yaitu dengan melihat 'sepak terjang' yang sudah dilakukan bukan karena menang popularitas. Bila hal ini dapat dilakukan dengan baik dan benar maka peran kita cukup berarti dalam membangun kehidupan generasi yang akan datang.

Oleh karena itulah, kami Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam (Badko HMI) JABOTABEKA-BANTEN mempunyai tanggungjawab untuk mengkritisi dan mencari konsepsi ideal terhadap Kepemimpinan Futuristik sekaligus mengaplikasikannya dengan dilandasi prinsip menuju kesempurnaan mutlak bersumber kepada Al-Quran dan perjalanan Nabi Muhammad SAW dalam format Advance Training (LK III) sebagai upaya untuk menciptakan kader-kader HMI yang mampu menjadi pemimpin yang mempunyai karakter Futuristik

NAMA KEGIATAN

Nama kegiatan ini adalah ” Advance Training (LK III) Tingkat Nasional BADKO HMI JABOTABEKA-BANTEN”.

TEMA

Kegiatan ini bertemakan “Menciptakan kepemimpinan Futuristik

TUJUAN

Terbinanya kader pemimpin yang mampu menterjemahkan dan mentransformasikan pemikiran konsepsional secara profesional dalam gerak perubahan sosial.

TARGET

1. Terbentuknya Kader yang memiliki kemampuan kepemimpinan yang amanah, fathonah, sidik dan tabligh serta mampu menterjemahkan dan mentransformasikan pemikiran konsepsional dalam dinamika perubahan sosial.

2. Terciptanya Kader yang memiliki kemampuan untuk mengorganisir masyarakat dan mentransformasikan nilai-nilai perubahan untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridloi Allah SWT.

METODE TRAINING

Untuk mencapai tujuan dan target training, maka metode training yang digunakan adalah :

Ø Screening makalah

Ø Studium General

Ø Ceramah dan dialog

Ø Diskusi

Ø Seminar

Ø Penugasan

Ø Obsevasi lapangan

SISTEM PENILAIAN

1. Aspek penilaian

a. Tes Tertulis

Penilaian tertulis berdasarkan pada :

ü Selisih pre test dan post test

ü Resume diskusi kelompok

b. Makalah

Pengujian makalah dilakukan berdasar pada presentasi makalah pada saat training (dipanelkan dengan nara sumber) sedangkan pada saat screening hanya dilakukan pengujian aspek judul, perumusan makalah, sistematika penulisan,

relevansi teori, judul dan masalah, penggunaan data, analisa dan solusi pemecahan masalah serta referensi. Penilaian presentasi makalah dilakukan secara partisipatif (peserta) dan oleh pemandu.

c. Aktifitas Forum

Penilaian aktifitas forum berdasarkan pada :

ü Argumentasi/feed back

ü Keterkaitan dengan masalah

ü Analisa masalah

ü Etika forum

d. Kedisiplinan

Penilaian kedisiplinan berdasarkan pada kehadiran setiap session dengan tepat waktu dan keseriusan dalam mengikuti materi.

e. Penilaian Partisipatif

Penilaian partisipatif dilakukan secara bersama-sama antara peserta ke peserta dengan berdasarkan :

ü Sikap dan tingkah laku

ü Wawasan strategis

ü Human relation

ü Kepemimpinan

2. BOBOT dan SKALA PENILAIAN

a. Tes tertulis : 3

b. Makalah : 5

c. Aktifitas forum : 3

d. Kedisiplinan : 4

e. Partisipatif : 5

Predikat Kelulusan

0 -1150 : Tidak Lulus

1150 -1600 : Lulus Dengan Predikat Cukup

1601 -1900 : Lulus Dengan Predikat Baik

1901 -2000 : Lulus Dengan Predikat Istimewa

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada :

Hari/ Tanggal : Minggu- Minggu / 07 -14 Februari 2010

Tempat : Wisma DEPSOS Cawang-Jakarta Timur

PESERTA

Peserta Advance Training (LK III) Nasional BADKO HMI JABOTABEKA-Banten adalah anggota HMI yang telah memenuhi syarat sebagaimana terlampir dan mendapat mandat dari pengurus Badko HMI di seluruh Indonesia. Daftar peserta terlampir

SUSUNAN PANITIA

Terlampir

AGENDA ACARA

Terlampir

ANGGARAN BIAYA

Terlampir

PENUTUP

Demikian kegiatan ini kami susun sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan advance training (LK III) nasional Badko HMI JABOTABEKA-BANTEN. Semoga kegiatan ini dapat menjadi kontribusi positif bagi pembangunan bangsa. Tuhan yang Maha bijaksana pasti merestui langkah-langkah hamba-Nya yang bersungguh-sungguh dalam mengabdikan diri untuk umat. Amien. Doa’ dan dukungan dari semua pihak sangat kami harapkan. Akhirnya kami haturkan terima kasih atas perhatian, kerjasama, partisipasinya, dukungan dan bantuannya.

Billahittaufiq Wal Hidayah

Jakarta, 21 Muharam 1431 H

08 Januari 2010 M

PANITIA

ADVANCE TRAINING (LK III)

BADAN KOORDINASI

HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM

(BADKO HMI) JABOTABEKA -BANTEN

SOLEHUDIN Nur Falah Setiawan

Ketua Sekretaris

Mengetahui,

PENGURUS

BADKO HMI JABOTABEKA - BANTEN

MUHAMAD CHAIRUL BASYAR

Ketua Umum

Lampiran I

SUSUNAN PANITIA

LATIHAN KADER III (ADVANCE TRAINING) TINGKAT NASIONAL

BADKO HMI JABOTABEKA-BANTEN

Penanggung Jawab : Ketua Umum Badko HMI JABOTABEKA-BANTEN

Master Of Training : BPL PB HMI

M.Istazkiyah

Yusro M Kazim

Marbawi

Imam Nasrullah

Khairullah

Muslim Hafidz

Noer Fajrie Ansyah

Steering Committee : Jamal Firdaus

Yosep Fernando

Jalaludin

Dodie Irawan

Julianda Alfitra

Rizki Yulianto

Gunawan

Solehudin (Ex Officio)

Organizing Committee :

Ketua : Solehudin

Sekretaris : Nurfalah Setiawan

Bendahara : Agung Rahmatullah

Wakil Bendahara : Banu Sunan Lubis

Nana

Sie. Kesekretariatan : Subarna (koord)

Ahmad Nurdin

Ratuliu

Sie. Acara : Rijali Soerotinojo (Koord)

Achmad Syahbana

Jauharuddin

Dikdo

Desmawati

Sie. Pendanaan : Moch Upandi (Koord)

Agus Ataullah

Aas Herdiyan

Mahmudin

Sofyan Hamidi

Sie. Pubdekdok : Asyari (Koord)

Deni Purwanto

Sugiharto

Miftah

Rozi Fahmi

Fajrin

Sie. Humas : Amiruddin (Koord)

Zulham

Sulaiman

Yuri Andersan

Ardiyansyah

Sie. Konsumsi : Siti Rohimah (Koord)

Muhammad Bin Zaitun

Aditya

Lampiran II

AGENDA ACARA

ADVANCE TRAINING (LK III) TINGKAT NASIONAL

BADKO HMI JABOTABEKA - BANTEN

Jakarta, 07– 14 Februari 2010

Screening 07 Februari 2010

Senin 08 Februari 2010

Waktu

Materi

Pemateri/Pelaksana

Senin, 08 Februari 2010

08.00 - 10.00

10.00 - 13.00

Pembukaan

· Pembukaan

· Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

· Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne HMI

· Laporan Ketua Panitia

· Sambutan-sambutan

- Ketua Umum Badko HMI JABOTABEKA BANTEN

- Ketua Umum PB HMI

- Gubernur DKI Jakarta

· Doa

· Penutup

Seminar Umum

“ Realisasi Sistem Jaminan Sosial yang Nyata Demi Terciptanya Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”

Pembicara :

1. Akademisi (Prof Dr. Hasbullah Thabrany)

2. Wakil Ketua Komisi IX DPR RI (Irgan Chairul Mahfidz )

3. Dirut PT Jamsostek (Hotbonar Sinaga)

4. Sekjen Aspek Indonesia (Muhammad Rusdi)

5. Perumus UU SJSN (dr. Sulastomo)

6. Deputi II MENKOKESRA

(Dr. Adang Setiana, M.Sc)

7. Dirut PT. ASKES (Dr. I Gede Subawa, M.Ph)

Moderator (Marissa Haque)

13.00 – 13.30

ISHOMA

OC

13.30 – 15.00

Pengantar Assesmen peserta; pemahaman bersama mengenai muatan latihan, tujuan, metodologi dan Membangun Landasan Advance Training

Team Master

15.00 – 16.00

ISHO

All Participant

16.00 – 18.00

Stadium General

Menciptakan Kepemimpinan Futuristik

Kakanda Anas Urbaningrum (Presidium KAHMI)

18.00 – 19.00

ISHOMA

OC

19.00 – 21.00

(NDP) Pandangan Islam Tentang Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Kakanda Anis Matta, Lc

(Anggota DPR RI)

21.00 – 22.00

Diskusi Kelompok

Team Master

Selasa, 09 Februari 2010

08.00 – 10.00

Presentasi Makalah

Team Master

10.00 – 12.00

(NDP) Islam dan Perubahan Sosial

Kakanda Budi Munawar Rahman

(Akademisi)

12.00 – 13.00

ISHOMA

OC

13.00 – 15.00

(MISSION) Perkembangan Lingkungan Internasional dan Dampaknya Bagi HMI

Kakanda Sidra Tahta (Pengamat HI)

15.00 – 16.00

ISHO

All Participant

16.00 – 18.00

(MISSION) Permasalahan Internal Organisasi HMI

Kakanda Arip Mustopa

(Ketua Umum PB HMI)

18.00 – 19.00

ISHOMA

OC

19.00 – 21.00

(KMO) Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan

Kakanda Fakhrudin

(Mantan Ketum PB HMI)

21.00 – 22.00

Diskusi Kelompok

Team Master

Rabu, 10 Februari 2010

08.00 – 10.00

Presentasi Makalah

Team Master

10.00 – 12.00

(KMO) Pengembangan Model Kepemimpinan Bangsa Dimasa Depan

Kakanda Saan Mustopa, M.Si

(Anggota DPR RI)

12.00 – 13.00

ISHOMA

OC

13.00 – 15.00

(WI) Dasar-dasar Kebijaksanaan Politik Luar Negeri Indonesia

Nazarudin Nasution, SH., MH

(Akademisi)

15.00 – 16.00

ISHO

All Participant

16.00 – 18.00

(WI) Dinamika Hubungan Ekonomi antar Bangsa

Kakanda H.M. Ari Mooduto

(Direktur LPPI)

18.00 – 19.00

ISHOMA

OC

19.00 – 21.00

(WI) Politik Keamanan Internasional dan Dampaknya Bagi HANKAM Indonesia

Bantarto Bandoro (Akademisi)

21.00 – 22.00

Diskusi Kelompok

Team Master

Kamis, 11 Februari 2010

08.00 – 10.00

Presentasi Makalah

Team Master

10.00 – 12.00

Stadium General

“ Peranan Kepemimpinan Wanita dalam Konteks Pembangunan Bangsa”

Hj. Ratu Atut Chosiyah

(Gubernur Banten)

12.00 – 13.00

ISHOMA

OC

13.00 – 15.00

(WI) Perubahan Tata Kehidupan Global dan Dampaknya Bagi Perkembangan Bangsa

Kakanda Yudie Chrisnandi

(Tokoh Muda)

15.00 – 16.00

ISHO

All Participant

16.00 – 18.00

(WI) Isu-isu Strategis hubungan antar Bangsa Pasca Perang Dingin

Kakanda Aang Abu Bakar

(Kedutaan Besar Inggris)

18.00 – 19.00

ISHOMA

OC

19.00 – 21.00

Peran Otonomi Daerah Dalam Mewujudkan Good & Clean Governance

Prof. Dr. Ryaas Rasyid

21.00 – 22.00

Diskusi Kelompok

Team Master

Jum’at, 12 Februari 2010

08.00 – 10.00

Presentasi Makalah

Team Master

10.00 – 12.00

Megapolitan Antara Harapan dan Realita

Fauzie Bowo (Gubernur DKI Jakarta)

12.00 – 13.00

ISHOMA

OC

13.00 – 15.00

Dakwah Versus Ancaman Liberalisasi

Ust. Abu Bakar Ba’asyir

15.00 – 16.00

ISHO

All Participant

16.00 – 18.00

Pembangunan Ekonomi Kelautan untuk kesejahteraan Bangsa

Prof. Dr. Rokhmin Dahuri

18.00 – 19.00

ISHOMA

OC

19.00 – 22.00

Evaluasi

Team Master

Sabtu, 13 Februari 2010

08.00 – 10.00

Persiapan Observasi Lapangan

Team Master

10.00 – 17.00

Observasi Lapangan

Team Master

17.00 – 19.30

ISHOMA

All Participant

19.30 – 22.00

Evaluasi dan Rekomendasi

Team Master

Minggu, 14 Februari 2010

08.00 – 10.00

Penutupan

· Pembukaan

· Pembacaan Ayat Suci Al Qur’an

· Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne HMI

· Laporan Ketua Panitia

· Pengumuman Hasil Kelulusan

· Sambutan –sambutan

- Ketua Umum Badko HMI JABOTABEKA BANTEN

- Sambutan Ketua Umum PB HMI

- Gubernur Banten

· Do’a

· Penutup

10.00 -

Ramah tamah bersama :

1. Gubernur DKI Jakarta

2. Gubernur Banten

3. Ketua DPRD DKI Jakarta

4. Ketua DPRD Banten

5. Anggota DPD RI DKI Jakarta

6. Anggota DPD RI Banten

7. KAHMI Jakarta dan Banten

OC & SC

Lampiran III

PERSYARATAN PESERTA

ADVANCE TRAINING (LK III) TINGKAT NASIONAL

BADKO HMI BOTABEKA-BANTEN

Peserta yang berhak mengikuti Advance Training (LK III) Tingkat Nasional Badko HMI JABOTABEKA-BANTEN adalah mereka yang dapat memenuhi kriteria sebagai berikut :

1. Anggota HMI yang telah lulus LK II minimal 6 bulan lamanya dan dibuktikan dengan menunjukkan sertifikat.

2. Membawa surat mandat dari pengurus Badko atau PB HMI.

3. Membuat makalah dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Kertas ukuran A-4

b. 1,5 spasi

c. Minimal 25-30 halaman

d. Didukung referensi minimal 15 buku dan karya ilmiah (majalah, internet, surat kabar, tabloid tidak termasuk).

e. Makalah digandakan rangkap 3 dengan membawa soft data

f. Makalah plagiasi dan yang tidak memenuhi ketentuan akan dikembalikan.

4. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.

5. Menyerahkan foto 3X4 sebanyak 3 lembar. (untuk cocard, sertifikat dan dokumen)

6. Membayar kontribusi sebesar Rp.250.000,-(dua ratus lima puluh ribu rupiah), Dengan rincian sebagai berikut :

No

Keperluan

Jumlah (Rp)

1

Makan, snack, dan penginapan selama training

198.500,-

2

ID Card

2.000,-

3

Block Note

4.000,-

4

Map

1.500,-

5

Sertifikat

2.000,-

6

Stiker

2.000,-

7

Kaos

30.000,-

8

Makalah

10.000,-

Jumlah Total

250.000,-

7. Dinyatakan lulus screening oleh pemandu

8. Apabila salah satu persyaratan belum terpenuhi, maka dipersilahkan dengan segala hormat untuk tidak datang.

Lampiran IV

PESERTA

Peserta dalam kegiatan Advance Training (LK III) Nasional Badko HMI JABOTABEKA-BANTEN berasal dari :

No

Nama Badko HMI

Jumlah Peserta

Tema makalah

1

PB HMI

5 orang

I,II,VII,

2

BADKO HMI Nanggro Aceh Darussalam

1 orang

I,II

3

BADKO HMI Sumatera Utara

1 orang

II,III

4

BADKO HMI Sumatera Barat

1 orang

III,IV

5

BADKO HMI Riau dan Kepri

1 orang

IV,V

6

BADKO HMI Sumbagsel

1 orang

V,VI

7

BADKO HMI Jabotabeka Banten

10 orang

VI.VII, VIII,XIV

8

BADKO HMI Jawa Barat

1 orang

VII,VIII

9

BADKO HMI Jateng-DIY

1 orang

IX,X

10

BADKO HMI Jawa Timur

1 orang

VII,IX

11

BADKO HMI NUSRA

1 orang

IX,X

12

BADKO HMI KALBAR

1 orang

X,XI

13

BADKO HMI KALSELTENG

1 orang

XI,XII

14

BADKO HMI KALTIM

1 orang

XII,XIII

15

BADKO HMI SULUTENGGO

1 orang

XIII,XIV

16

BADKO HMI SULSELRA

1 orang

XIV,XV

17

BADKO HMI MAMALUT

1 orang

XV,XVI

18

BADKO HMI Cendrawasih

1 orang

XVI,XVI

Kode Materi

I : Pandangan Islam Tentang Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

II : Islam dan Perubahan Sosial

III : Perkembangan Lngkungan Internasional dan Dampaknya Bagi HMI

IV : Permasalahan Internal Organisasi HMI

V : Teori dan Praktek Pengambilan Keputusan

VI : Pengembangan Model Kepemimpinan Bangsa DImasa Depan

VII : Dasar-dasar Kebijakan Politik Luar Negeri Indonesia

VIII : Dinamika Hubungan Ekonomi Antar Bangsa

IX : Politik Keamanan Internasional dan Dampaknya Bagi HANKAM Indonesia

X : Perubahan Tata Kehidupan Global dan Dampaknya Bagi Perkembangan Bangsa

XI : Isu-Isu Strategis Hubungan Antar Bangsa Pasca Perang Dingin

XII : Peran Otonomi Daerah Dalam Mewujudkan Good & Clean Governance

XIII : Megapolitan Antara Harapan dan Realita

XIV : Dakwah Versus Ancaman Liberalisasi

XV : Pembangunan Ekonomi Kelautan Untuk Kesejahteraan Bangsa

Lampiran V

ESTIMASI DANA

LATIHAN KADER III (ADVANCE TRAINING) TINGKAT NASIONAL

BADKO HMI JABOTABEKA-BANTEN

Tanggal 7 – 14 Februari 2010

1. Kesekretariatan

No.

Uraian

Volume

Satuan

Harga Satuan (Rp)

Jumlah

1

Kertas Kop

2

rim

85,000

170,000

2

Amplop Berkop

1

dus

25,000

25,000

3

Tinta Printer

3

buah

18,000

54,000

4

Pengiriman Proposal

60

buah

6,000

360,000

5

Penggandaan Draft materi

61

Buah

10,000

610,000

6

Stiker

200

buah

3,000

600,000

7

Id Card Panitia dan Peserta

60

buah

3,000

180,000

8

Stempel Panitia

1

buah

75,000

75,000

9

Tinta dan bantalan

1

buah

20,000

20,000

10

Spidol

10

buah

5,000

50,000

11

Kwitansi

1

buah

5,000

5,000

12

Komunikasi

20

buah Voucer

50,000

1,000,000

13

Pembuatan Vandel

20

buah

100,000

2,000,000

14

Kertas Plano

150

Buah

250

37,500

Jumlah

5,186,500

2. Akomodasi dan Transportasi

No.

Uraian

Volume

Satuan

Harga Satuan (Rp)

Jumlah

1

Sewa Aula (8 Hari)

1

Ruang

1,000,000

8,000,000

2

Sewa Kamar (8 hari)

65

kamar

75,000

39,000,000

3

Sewa Mobil (8 hari)

1

Unit

400,000

3,200,000

4

BBM

150

liter

4,500

675,000

Jumlah

50,875,000

2. Akomodasi dan Transportasi

No.

Uraian

Volume

Satuan

Harga Satuan (Rp)

Jumlah

1

Sewa Aula (8 Hari)

1

Ruang

1,000,000

8,000,000

2

Sewa Kamar (8 hari)

65

kamar

75,000

39,000,000

3

Sewa Mobil (8 hari)

1

Unit

400,000

3,200,000

4

BBM

150

liter

4,500

675,000

Jumlah

50,875,000

3. Perlengkapan, Publikasi dan Dokumentasi

No.

Uraian

Volume

Satuan

Harga Satuan (Rp)

Jumlah

1

Spanduk

5

Lembar

200,000

1.000,000

2

Dekorasi

1

Paket

250,000

250,000

3

Bendera HMI dan merah putih

200

buah

20,000

4,000,000

4

Perlengkapan sidang

1

paket

200,000

200,000

5

Cuci cetak film

3

buah

100,000

300,000

6

P3K

1

Paket

500.000

500,000

Jumlah

6,250,000

4.Konsumsi

No

Uraian

Volume

Satuan

Harga Satuan (Rp)

Jumlah

1

Snack pembukaan

250

buah

7,500

1,875,000

2

Makan pembukaan

250

buah

10,000

2,500,000

3

Makan peserta

40x3x8

Orgxhari

10,000

9,600,000

4

Makan panitia

25x3x8

Orgxhari

10,000

6,000,000

5

Snack penutupan + Gathering

250

Buah

7.500

1,875,000

6

Makan penutupan + Gathering

250

buah

10,000

2,500,000

7

Cofee dan Snack Peserta

40x2x8

Orgxhari

7,000

4,480,000

8

Aqua

12

dus

15,000

180,000

Jumlah

29,010,000

REKAPITULASI

No

Uraian

Jumlah

1

Kesekretariatan

5,186,500

2

Akomodasi dan Transportasi

50,875,000

3

Pubdekdok

4,050,000

4

Konsumsi

29,010,000

Jumlah

89,121,500












Jumlah keseluruhan biaya adalah 89.121,500 (Delapan Puluh Sembilan Juta Seratus Dua Puluh Satu Ribu Lima Ratus Rupiah)

Dukungan dapat diberikan atau transfer dana melalui

Bank : BRI Unit Juanda

No rekening : 092401002854502

Atas nama : Miftahunnajah (Bendahara Umum BADKO HMI JABOTABEKA-BANTEN)

Informasi hubungi:

1. Adien Solehudin : 0856 974 066 79

2. Jamal Firdaus : 085 672 075 44

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar